ISO 9001 – 2008 Pertanyaan Yang Sering Diajukan (FAQ)

ISO 9001 - 2008 Pertanyaan Yang Sering Diajukan (FAQ)

ISO 9001 - 2008 Pertanyaan Yang Sering Diajukan (FAQ)

Apa itu ISO Standar

Edisi terbaru dari standar ISO ISO Sistem Manajemen Mutu Persyaratan secara resmi diterbitkan oleh ISO Organisasi Internasional untuk Standardisasi pada tanggal November . Ini adalah edisi keempat dari standar ISO sejak pertama kali diterbitkan pada tahun .

ISO adalah standar yang menyediakan satu set generik persyaratan untuk organisasi yang ingin mengembangkan sistem manajemen mutu SMM . ISO standar yang berfokus pada peningkatan proses organisasi bisnis. Tidak menentukan persyaratan untuk kualitas produk atau jasa. Pelanggan biasanya menetapkan persyaratan produk dan kualitas layanan. Namun harapan adalah bahwa sebuah organisasi dengan SMM ISO efektif berbasis memang akan meningkatkan kemampuannya untuk memenuhi persyaratan pelanggan persyaratan hukum dan peraturan.

Ini adalah standar SMM hanya untuk yang organisasi dapat memperoleh sertifikasi resmi pihak ketiga. Karena persyaratan umum dan tidak spesifik organisasi memiliki fleksibilitas dalam menyesuaikan SMM mereka agar sesuai dengan bisnis mereka budaya dan risiko.

ISO persyaratan melengkapi persyaratan hukum dan peraturan kontrak dan yang berlaku. Mereka menerapkan SMM sesuai ISO harus memastikan bahwa persyaratan tertentu dari pelanggan mereka dan badan hukum dan peraturan yang relevan terpenuhi.

Siapa Bertanggung Jawab Untuk Merevisi Standar SMM

ISO Panitia Teknis no. Sub-komite no. ISO / TC /SC bertanggung jawab untuk proses revisi bekerjasama dengan konsensus antara para ahli kualitas dan industri dicalonkan oleh tubuh Anggota ISO dan yang mewakili semua pihak yang berkepentingan .

Apakah ISO Memiliki Persyaratan Tambahan luar ISO

ini terbaru edisi ISO mengandung persyaratan baru dibandingkan dengan edisi tahun yang menggantikan. Apa itu yang memberikan klarifikasi dengan persyaratan yang ada ISO berdasarkan delapan tahun pengalaman di seluruh dunia menerapkan standar dan memperkenalkan perubahan dimaksudkan untuk meningkatkan konsistensi dengan standar sistem manajemen lingkungan ISO .

Para klarifikasi dan perubahan dalam ISO merupakan fine-tuning bukan perombakan menyeluruh. Ini berfokus pada perubahan yang mungkin membuat organisasi untuk lebih sesuai dengan semangat standar tanpa menambahkan menghapus atau mengubah persyaratannya. Perubahan yang kecil di alam dan mengatasi masalah seperti kebutuhan untuk memperjelas memberikan konsistensi yang lebih besar menyelesaikan ambiguitas yang dirasakan dan meningkatkan kompatibilitas dengan ISO . Sistem penomoran dan struktur standar tetap tidak berubah. Akibatnya standar baru terlihat sama seperti standar lama.

ISO telah menyelenggarakan perubahan tergabung dalam ISO edisi ke dalam kategori berikut

– Tidak ada perubahan atau perubahan minimum pada dokumen pengguna termasuk rekaman

– Tidak ada perubahan atau perubahan minimum untuk SMM yang ada proses

– Tidak ada pelatihan pelatihan tambahan dibutuhkan atau minimal yang diperlukan

– Tidak ada efek pada

sertifikasi saat ini

Sebaliknya rd edition ISO diterbitkan pada tahun merupakan perbaikan besar dari standar termasuk persyaratan baru dan fokus pelanggan tajam mencerminkan perkembangan manajemen kualitas dan pengalaman yang diperoleh sejak penerbitan versi awal.

Lalu Mengapa Apakah Ini Diperlukan Untuk Mengenalkan Revisi ini

Semua standar ISO saat ini lebih dari secara periodik ditinjau. Untuk memastikan bahwa standar ISO tersebut dipertahankan pada keadaan seni ISO memiliki aturan mengharuskan mereka untuk secara periodik ditinjau dan keputusan diambil untuk konfirmasi menarik atau merevisi dokumen. Proses pemeriksaan harus dimulai dalam waktu tahun dari publikasi standar. Kajian ini mempertimbangkan beberapa faktor seperti evolusi teknologi metode baru dan bahan kualitas baru dan persyaratan keselamatan atau pertanyaan dari interpretasi dan aplikasi.

Tinjauan ISO sehingga edisi dilakukan oleh subkomite SC ISO / TC . Ini subkomite yang bertanggung jawab untuk keluarga ISO menyatukan keahlian dari negara yang berpartisipasi dan organisasi internasional atau regional ditambah komite teknis lainnya.

Ulasan ini memiliki sejumlah masukan yang membantu

o Seorang pengguna

kuesioner / survei global

o Pembenaran pasar Studi

o Saran timbul dari

ISO / TC proses interpretasi

o Peluang untuk kompatibilitas meningkat dengan ISO

o Kebutuhan untuk kejelasan yang lebih besar kemudahan penggunaan dan

terjemahan lebih baik

o Kecenderungan – menjaga dengan perkembangan terakhir dalam praktik sistem manajemen.

Bagaimana ISO Standar Baru yang ada Mempengaruhi Sistem ISO Manajemen Mutu

organisasi Seperti saat ini bersertifikat mulai mencari pada ISO mereka akan bertanya-tanya sampai sejauh mana perubahan akan mempengaruhi mereka. Untuk sebagian besar standar baru tidak akan menghasilkan perubahan yang signifikan dengan sistem manajemen mutu yang ada SMM .

ISO / TC berhati-hati untuk tidak membuat perubahan demi perubahan. Perubahan yang telah dimasukkan ke dalam edisi standar ISO termasuk perubahan yang harus mengarah pada pemahaman yang lebih baik dan merata di berbagai jenis produk termasuk organisasi pelayanan penggunaan kata-kata yang disengaja untuk memperkecil potensi interpretasi pengguna tidak benar dan mencerminkan nuansa konsep kata yang mirip. Terakhir beberapa perubahan pada klausa tertentu dibuat berdasarkan Survei Pengguna Tanggapan Internasional. Survei ini dilakukan setelah publikasi ISO dan telah mengundang responden untuk mengidentifikasi daerah yang paling mereka ingin melihat diperbaiki.

Apa itu Waktu Transisi Bingkai Untuk Mematuhi Dengan Revisi ini Dan Apakah Organisasi Saya Perlu Re-Assessment Kendali Untuk Sertifikasi

Sertifikasi ISO tidak dianggap upgrade Aturan untuk transisi adalah sebagai berikut .

. Edisi baru tidak akan memerlukan penilaian ulang khusus untuk sertifikasi. Lembaga Sertifikasi akan mengevaluasi kesesuaian dengan standar baru ISO selama kunjungan pengawasan berkala dan penilaian ulang penuh hanya akan berlangsung sekali sertifikat terkini berakhir.

. ISO dan IAF telah sepakat bahwa semua sertifikat ISO harus dialihkan ke ISO dalam waktu tahun dari tanggal publikasi yaitu pada November . Organisasi Anda dapat meminta Lembaga Sertifikasi Anda BAE untuk menilai SMM Anda untuk ISO di Audit Surveillance berikutnya.

. Satu tahun setelah publikasi ISO yaitu oleh November semua sertifikasi yang dikeluarkan sertifikasi baru dan re-sertifikasi harus dengan ISO .

. Dua tahun setelah publikasi ISO yaitu pada November ada sertifikasi ISO tidak berlaku.

. Organisasi dalam proses sertifikasi ISO yang direkomendasikan untuk mengajukan sertifikasi ISO .

Rencana transisi dianggap realistis karena ISO tidak memperkenalkan persyaratan baru. Jadi pada dasarnya Anda memiliki jendela transisi dua tahun mulai dari November jadi jangan meninggalkannya untuk saat terakhir untuk membuat transisi.

Apa yang Akan Terjadi Standar Lain Dan Dokumen Dalam Keluarga Lancar ISO

Keempat standar primer dari keluarga ISO saat ini adalah sebagai berikut

o ISO yang sudah diterbitkan – tidak ada perubahan besar yang diharapkan untuk tahun

o ISO yang akan digantikan oleh ISO

o perubahan signifikan direncanakan untuk ISO dengan tanggal penerbitan yang direncanakan akhir .

o ISO ini sedang dalam tahap awal proses revisi dengan versi baru diharapkan pada tahun .

Standar lainnya dan dokumen akan ditinjau dan diperbaharui sesuai kebutuhan.

Berapa Banyak Apakah Penerapan Standar Baru Pergi Untuk Biaya

Salah satu tujuan dari ISO / TC /SC adalah untuk menghasilkan standar yang akan meminimalkan potensi biaya dalam pelaksanaan atau transisi. Setiap biaya tambahan dapat dianggap sebagai investasi nilai tambah. Faktor kunci dalam pengembangan ISO adalah untuk membatasi dampak dari perubahan dan biaya pada pengguna. Jadi jangan gentar pada negosiasi dengan sertifikasi / registrasi tubuh Anda jika mereka mencoba untuk meningkatkan biaya sertifikasi.

Apa Auditor Perlu Tahu Tentang ISO Standar

Auditor apakah eksternal atau internal harus mampu menunjukkan kompetensi mereka pada struktur isi dan terminologi standar yang tercantum di bawah dan juga pada Prinsip-Prinsip Manajemen Mutu yang mendasarinya.

Standar tersebut mengharuskan auditor mampu memahami kegiatan organisasi dan proses dan tepat mengaudit terhadap persyaratan ISO dalam kaitannya dengan tujuan organisasi. Auditor harus dapat menunjukkan kompetensi di

o persyaratan dari ISO .

o Konsep-konsep dan terminologi dari ISO .

o Delapan Prinsip Manajemen Mutu

o Pemahaman umum ISO

o Keakraban dengan panduan audit standar ISO .

Bagaimana Apakah ISO Berkaitan dengan kebutuhan Bidang Usaha Tertentu

ISO tetap kompatibel dengan standar sistem manajemen yang ada untuk sektor usaha tertentu seperti ISO / TS AS /EN dan TL .

Pengguna skema sektor tertentu harus mengacu pada organisasi yang bertanggung jawab untuk itu skema sektor misalnya untuk

o ISO / TS mengacu pada IATF

o TL mengacu pada QuEST Forum

o Untuk SEBAGAI /EN mengacu pada

IAQG

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s